Rabu, 25 April 2012

Kewarganegaraan-Nasionalisme

Share tugas kewarganegaraanku 

Nama: Yeni Nur Cahyani
NIM: 112210101033 Tugas Kewarganegaraan Pertanyaan

1. Apa yang dimaksud dengan karakter?
2. Menurut anda, apa yang dimaksud dengan nasionalisme?
3. Akhir – akhir ini, sering kali kita lihat berbagai kerusuhan dimana – mana, serta kenakalan remaja yang semakin hari semakin meningkat. Menurut anda, bagaimana cara menyelesaikan masalah ini agar di masa – masa yang akan datang hal – hal semacam ini tidak semakin meningkat?
4. Apakah isi dari Pasal 30 ayat 1 dan ayat 2 UUD 1945 ?
5. Apa yang anda ketahui tentang nasionalis dan nilai kebangsaan?

Jawaban
1. Karakter adalah watak, tabiat, kepribadian seseorang yang terbentuk dari faktor atau hasil internalisasi atau intern berbagai kebijakan atau berbagai kebajikan yang diyakininya maka digunakannya sebagai landasan cara pandangnya atau pola pikirnya serta sikap dan tindakannya dalam hidup bermasyarakat.
 2. Nasionalisme adalah paham yang menjunjung tinggi rasa kebangsaan atau singkat kata rasa cinta tanah air.
3. Menurut saya, hal ini dapat diselesaikan dengan membangun karakter bangsa ini, sehingga pendidikan karakter diperlukan untuk membentuk pribadi individu yang baik, yang sadar akan pentingnya rasa nasionalisme, dan dari sini, moral bangsa akan terbentuk, sehingga hal – hal semacam itu tidak akan terjadi karena mereka tahu bahwa hal itu bukan karakter yang baik yang menjunjung nasionalisme.
4. Pasal 30 ayat 1 UUD 1945: Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat 2 UUD 1945 : Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.
5. Nasionalis : Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya Nasionalis : Cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar